Tidak Ada Daya dan Upaya Kecuali atas Pertolongan Allah SWT


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَالَ - يَعْنِي - إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ: بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، يُقَالُ لَهُ: كُفِيتَ، وَوُقِيتَ، وَتَنَحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ(رواه الترمذي)

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: " إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟ " (رواه ابو داود)

Dari Anas bin Malik Ra. ia berkata, Rasulallah saw bersabda: “Apa bila seorang laki keluar dari rumahnya lalu mengucapkan, dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada upaya dan kekuatan kecuali dari Allah swt, maka saat itu dikatakan, ‘Engkau diberi petunjuk, dicukupi, dan dilingdungi’. Sehingga setan menyingkir darinya. Lalu setan lainnya berkata, ‘Bagaimana engkau dengan seseorang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi”. (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan dishahihkan al-Albani shahih al-Jami no. 499).

Hadits di atas menjelaskan kepada kita bahwa barangsiapa yang keluar dari rumahnya kemudian mengucapkan doa itu. Maka banyak keuntungan yang akan diraih olehnya, sebagai mana dijelaskan dalam hadits di atas.
Bahkan, Nabi saw biasa ketika beliau melangkahkan kakinya keluar rumah ia saw  senantiasa berdoa kepada Allah swt, dengan doa;  
بسم الله توكلت على الله ولا حولا و لا قوة إلا بالله

Artinya: Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah”. (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).

Jika kita renungan doa yang diajarkan Nabi itu, sesungguhnya ada manfaat yang sangat besar untuk orang yang mengamalkannya. Apa manfaat yang sangat besar itu ? diantara manfaat yang besar itu adalah niscaya Allah akan memelihara, dicukupi kegalauannya, dilindungi dari keburukan dan berbagai rintangan yang meradangnya. Bahkan Allah ta’ala akan memberikan kepadanya petunjuk dan jalan yang benar lagi tepat dalam setiap langkah-langkahnya. Bukan hanya itu saja, setan pun menyingkir darinya.  Hal ini sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Tirmdzi dan Abu Daud).

Oleh karenanya setiap kita akan melakukan aktifitas apa belajar, merangkat ke tempat teman, mengunjungi rumah paman hendaknya kita mengucapkan doa ini. Agar kita dilindungi dan dipelihara dari berbagai macam kesulitan, kesusahan dan mendapatkan kemudahan-kemudahan dari Allah swt.

Bukankah kita tahu bahwa kita ini adalah hamba yang tidak mempunyai daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah. Kita tidak sanggup untuk menolak musibah, bahaya yang akan menimpa kita kecuali atas kekuatan dan pertolongan Allah. Dan Allah lah Dzat yang kuasa mendatangkan kebaikan dan keburukan. Tidak ada Dzat lain yang mampu melakukannya kecuali atas kehendak dan kuasa Allah semata. Oleh karenanya, alangkah baiknya kita berusaha untuk mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Selain itu, Nabi saw. biasa memanjatkan doa’ baik waktu pagi hari maupun di sore hari, sebagaimana yang dijelaskan oleh Anas bin Malik salah seorang pembantu kecil  Nabi saw., Anas bin Malik Ra. menyebutkan bahwa  Nabi biasa mengucapkan doa ini setiap pagi dan petang, ‘...

“Wahai Rabb Yang Mahahidup, Wahai Rabb Yang Mahaberdiri sendiri (tidak butuh segala sesuatu) dengan Rahmat-MU aku meminta pertolongan, perbaikilah segala keadaan dan urusanku dan jangan Engkau serahkan kepadaku meskipun sekejap mata sekali pun” (tanpa mendapat pertolongan dari-MU) (HR. An-Nasai dan al-Hakim dengan derajat hasan).

Bila kita renungan, ini sesungguhnya sebuah pelajaran yang amat berharga yang diberikan oleh nabi saw. bahwa sesungguhnya tidak ada daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah. Bahkan nabi saw memohon untuk tetap diberikan naungan dan bimbingan dalam setiap persoalan kehidupannya, walaupun hanya sekejap mata. Begitu butuhnya Nabi saw dalam bimbingan dan pertolongan Allah ta’ala, walaupun hanya sekejap mata. Karena Dzat yang maha pemberi kekuatan dan pertolongan hanya dari Allah swt semata.  Allahu ‘alam bishshowwab.[]

Tas Anak Muslim

Tas Anak Muslim

Tasliem Kids Merupakan Produksen dan Distributor Tas Anak Muslim Terpercaya Sejak Tahun 2011. Telah Melayani Pengiriman Ribuan Tas ke Seluruh Nusantara. Tersedia Berbagai Varian Tas Anak, Dengan Desain Islami, Menarik, Unik dan Mendidik. Cocok Untuk Anak-Anak Agar Mengenal Islam Secara Sederhana.
Lebih Lanjut Klik Disini →

No comments:
Write comments

Ahlan.....Silakan Tinggalkan Pesan Anda

Cek Resi Pengiriman

Lacak resi JNE di sini
Lacak resi TIKI di sini:
Lacak resi POS Indonesia:

Rek. Transfer

Layanan Pengiriman

© 2017 Tasliem Kids. Template by Hubungi Kami
Proudly Powered by Blogger.